Home » » Pegagan, si kecil dengan seribu khasiat

Pegagan, si kecil dengan seribu khasiat

  
 Pegagan ( Centella asiantica, Urban ) merupakan tanaman herbal yang mudah tumbuh di sembarang temapat basah ataupun kering, memiliki daun yang hampir bulat seperti ginjal. Memiliki solor yang panjang dan berakar. Daunnya bergerombol dan di tempat-tempat yang subur kadang sampai memenuhi petak tanah.

   Tanaman ini memiliki bermacam-macam nama, ada yang menyebutnya kaki kuda, di jawa dikenal dengan nama cowet gombel atau antanan,. di nusa tenggara di terkenal dengan daun bebele atau kelai lere. Apapun sebutannya di setiap daerah, ini bisa disimpulkan bahwa tanaman ini tumbuh hampir di seluruh daratan nusantara.
   Tidak banyak yang tahu bahwa herba kecil ini memiliki begitu banyak daya penyembuh, diantaranya
1. Sebagai obat sesak nafas
2. Nafas bau tak sedap
3. Ambieien
4. Pembersih darah
5. Luka baru
6. sering buang air besar
7. Sariawan.
8. Darah tinggi
9. Kurang nafsu makan dan banyak lagi khasiat lainnnya..
   Cukup mencengang kan memang siapa sangka tanaman kecil yang biasa tumbuh di sekitar rumah kita yang dianggap hanya rumput biasa yang tak bermanfaat, ternyata memiliki begitu banyak khasiat bagi manusia..
   Teringat masa kecil waktu duduk di Sekolah Dasar ketika aku terluka di tengah kebun,, teman-teman ku segera mengobati ku dengan tanaman kecil ini, dan saya rasa cukup ampuh untuk mengobati luka di saat darurat.
Semoga bermanfaat bagi rekan semua.... 

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Hobiku007

0 komentar:

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. hobiku007.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Modify by hobiku007
Proudly powered by Blogger