Home » » Ragam Hal Unik Menjelang Lebaran (Idul Fitri)

Ragam Hal Unik Menjelang Lebaran (Idul Fitri)


Lebaran menjadi hari yang sangat istimewa bagi kaum muslim, berbagai aktifitas dan kegiatan dilakukan dalam rangka mengisi hari lebaran..
Berikut ini saya coba paparkan ragam hal unik menjelang lebaran :

1. Ketupat
    Satu yang tak akan pernah terlewatkan di hari lebaran yaitu ketupat, hampir di setiap rumah orang muslim di Indonesia ketupat menjadi menu hidangan utama di hari lebaran, dengan berbagai jenis dan ragam bentuk olahan ketupat menjadi simbol utama di hari lebaran.
    Banyak sumber dan cerita tentang sejarah awal muasal ketupat menjadi tradisi khas di hari lebaran di Indonesia ialah:
Ketupat  pertama kali di pupolerkan oleh Sunan Kalijaga pada masyarakat Jawa yang dikenal dengan nama dua kali Bakda yaitu Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda lebaran atau dikenal dengan istilah syawalan, yang memiliki makna mengisi hari awal bulan syawal (tgl 2-7 Syawal) dengan berbagai kegiatan keagamaan seperti kembali melaksanakan Puasa Sunnah Syawal sampai enam hari
Bakda Ketupat, yaitu berupa kegiatan silaturahmi kerumah kerabat dengan membawa bingkisan lebaran berupa ketupat yang menjadi lambang kebersamaan, kegiatan ini dilaksanakan setelah Bakda Lebaran selesai tepat pada hari ke tujuh di bulan Syawal.

2. Baju Baru
    Tak pas rasanya jika Lebaran tanpa menggunkan baju baru, nah ini lah yang menjadi pernak-pernik lebaran selanjutnya, faktor budaya baju baru di hari Lebaran dilatar belakangi oleh kegiatan bersilaturahmi saling mengunjungi rumah keluarga dan kerabat yang secara naluriah mendorong untuk tampil baik dalam hal dandanan/ cara berpakaian, ada istilah malu jika berkunjung ke rumah saudara tanpa menggunakan baju yang baru/bagu. Nah dari sinilah istilah baju baru menjadi salah satu tranding topik ketika memasuki hari lebaran, banyak orang berbondong-bondong ke pasar untuk membeli baju baru yang hendak digunakan ketika hari lebaran tiba.

3. Takbir Keliling
    Takbir Keliling biasa dilakukan pas malam sebelum Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan. Hampir di setiap penjuru tanah air sebagian orang mengisi malam takbiran dengan berkonvoy mengelilingi daerah sekitarnya dengan mengumandangkan takbir,tahlil, dan tahmid sembari diiringi dengan suara tebuhan beduk sebagai sukacita dan rasa syukur kepada Allah SWT setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa.

4. Mudik
    Kegiatan khas yang telah menjadi salah satu budaya di Indonesia ketika hari Lebaran tiba yaitu mudik. Pengertian mudik sendiri ialah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya.
Di hari lebaran dengan masa liburan yang cukup panjang menjadi moment tersendiri bagi para perantau untuk berkumpul dengan sanak saudara serta orang tua. Suasana mudik di sendiri di mulai dari tujuh hari sebelum lebaran dan tujuh hari setelah lebaran. Banyaknya jumlah pemudik dari kota ke desa membuat sebagian jalur lalu lintas di sebagian daerah di Indonesia menjadi padat bahkan bisa sampai macet hingga puluhan kilometer.

 5. Halal Bil Halal
    Satu dari jenis hal unik di atas, hala bil halal bisa dikatan menjadi tema pokok di hari lebaran, setiap orang ( umat muslim) saling berjabat tangan untuk saling memaafkan satu dengan yang lain, jika boleh mengatakan makna dari lebaran itu sendiri yaitu "kembali kepada kesucian" berasal dari kata Idul Fitri (Lebaran) menghilangkan semua rasa benci dan dendam antar sesama manusia terutama sesama umat muslim.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Hobiku007

2 komentar:

Part Of Baluwenk mengatakan...

nice blog... :-)

cerita anak kost mengatakan...

dari hal di atas, yang mengalami pergeserah adalah takbir gan. biasanya diiringi oleh hura hura dan akhirnya malah cenderung ke maksiatan atau ke pesta. bukan malah mengagunkan nama Alloh, akhirnya pun, kadang mereka malah jadi begadang dan solatnya malah jadi ngantuk. :D,

oh ya, mumpung lebaran. minta maaf lahir batin ya.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. hobiku007.blogspot.com - All Rights Reserved
Template Modify by hobiku007
Proudly powered by Blogger